Sunday, January 26, 2014

Hindari PEMICU ASMA !

Asma adalah salah satu penyakit yang tidak bisa disembuhkan dan bersifat reversibel. Obat-obatan yang ada hanya untuk menenangkan serangan, namun gejala itu bisa datang kembali jika terpicu sesuatu. Tapi jangan khawatir, memburuknya serangan penyakit kronis ini bisa dicegah hanya dengan mengontrol keseharian.
Para penderita asma harus menghindari pemicu-pemicu tertentu agar tidak mengalami gangguan pernapasan seperti mengi atau bengek, batuk, dada terasa berat, dan sesak napas. Dengan menghindari pemicu-pemicu itu, paru-paru dapat bernapas dengan normal dan hidup akan lebih panjang. 

1. Kecoak
Tahukah Anda, bagian tubuh kecoak yang terlepas bisa memicu asma? Berdasar penelitian, kecoak membawa banyak kuman yang tidak baik untuk pasien asma. Kuman-kuman itu akan ikut ketika bagian tubuh kecoak terlepas dari tubuh utama.

2. Bulu hewan
Hewan berbulu merupakan masalah lain bagi pasien asma. Hewan peliharaan seperti kucing adalah salah satu pemicu utama serangan asma. Serpihan kulit dan bahkan air liur hewan peliharaan juga bisa menyebabkan pembengkakan pada saluran pernapasan.

3. Asap
Asap adalah pemicu asma yang paling berbahaya. Jika Anda memiliki asma, tutupi hidung tiap kali Anda bepergian ke luar rumah. Cara ini mungkin agak merepotkan, tapi bisa menghindarkan Anda dari bengek atau sesak napas.

4. Rokok
Untuk menghindari serangan asma, salah satu hal yang penting untuk dihindari adalah merokok. Merokok menyebabkan saluran udara terhambat, memicu serangan asma, dan mengakibatkan pasien mengalami sesak napas.

5. Perubahan musim
Pergantian musim bukan hal yang dapat dihindari atau dicegah. Tetapi, pasien tetap dapat melakukan pencegahan untuk menghindari serangan asma. Pastikan untuk menutup tenggorokan, hidung, dan mulut sebelum melangkah ke luar rumah. Tetap lindungi saluran pernapasan dengan baik selama cuaca ekstrim berlangsung.

No comments:

Post a Comment